Home » , , » Barcelona dipecundangi Bilbao 4-0

Barcelona dipecundangi Bilbao 4-0

Barcelona dipecundangi Bilbao 4-0. Barcelona kalah sangat telak saat menghadapi Athletic Bilbao di leg pertama Piala Super Spanyol, Sabtu 15 Agustus 2015 dini hari WIB. Bilbao sukses mengalahkan Barca dengan skor sangat telak 4-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di San Mames, Bilbao berhasil membalikkan prediksi semua orang dengan kemenangan yang sangat telak ini.

Gol-gol bilbao dicetak oleh 13' Mikel San Jose menit ke -13, dan 3 gol dari Aritz Aduriz di menit ke -53 , -62 dan menit ke -68.

Jalannya pertandingan :

Babak Pertama:

Barcelona langsung menerapkan skema permainan tiki taka khas gaya mereka di awal babak ini dengan melakukan penguasaan bola tinggi. Hal itu diantisipasi Athletic dengan mengusung lini belakang rapat dan menyerang dengan mengandalkan serangan balik cepat.

Kesulitan menembus pertahanan tuan rumah, Barcelona justru harus kecolongan terlebih dahulu di menit ke-13. Adalah Mikel San Jose , bek Atlhletic itu melepaskan tembakan indah dari tengah lapangan dan sukses membobol gawang Marc-Andre Ter Stegen yang terlambat mengantisipasi bola.

Terkejut dengan gol San Jose, pasukan Luis Enrique kontan bereaksi dengan meningkatkan intensitas serangan mereka. Hanya saja, hingga setengah jam laga berjalan, kinerja trio Lionel Messi, Luis Suarez dan Pedro Rodriguez di lini depan Blaugrana belum optimal.

Sementara Athletic juga tak mau lengah, di samping fokus membendung serangan tim tamu mereka juga beberapa kali melancarkans serangan balik yang bertumpu pada kreativitas Benat sebagai pengatur serangan dan kecepatan Aritz Aduritz di sektor depan.

Minimnya variasi serangan membuat Barcelona kesulitan untuk memecah konsentrasi benteng pertahanan Athletic yang nyaman dengan pola permainan mereka. Hingga babak pertama berakhir, tuan rumah mampu menjaga keunggulan mereka.

Babak Kedua:

Belum tampilnya Andres Iniesta dan Ivan Rakitic tampak berpengaruh pada alur serangan Barcelona. Luis Enrique belum mengisyaratkan akan memainkan keduanya di awal babak kedua ini kendati dalam kondisi tertinggal dari tuan rumah.

Misi Barcelona untuk menyamakan kedudukan terus gencar dilakukan. Akan tetapi dalam situasi lebih banyak menekan, mereka kembali lengah dan Athletic mampu menggandakan keunggulan di menit ke-53, ketika Aduriz lewat sundulannya sukses menyambar umpan silang Sabin Merino.

Bahkan langkah pasukan Camp Nou untuk mengejar ketertinggalan justru semakin berat setelah Adurizkembali menghadirkan mimpi buruk di menit ke-62 usai sepakannya gagal dibengung Ter Stegen. Pola permainan Athletic yang mengandalkan pressing ketat benar-benar merepotkan Barcelona.

Sejumlah pergerakan melalui umpan silang para penggawa Athletic membuat pertahanan Barcelona kalang kabut. Terbukti saat Dani Alves menjatuhkan Aymeric Laporte di kotak terlarang, eksekusi penalti di menit ke-68 pun tak disia-siakan Aduriz untuk mengemas hat-trick di laga ini.

Tertinggal empat gol, bukan situasi yang diinginkan Barcelona, segala upaya dilakukan mereka dalam sepertiga akhir permainan demi menipiskan skor dan memudahkan langkah mereka di leg kedua. Namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Barcelona harus mengakui keunggulan telak tuan rumah.


Susunan Pemain

Athletic Bilbao:


Gorka Iraizoz, Mikel San Jose, Mikel Balenziaga, Xabier Etxeita, Aymeric Laporte, Markel Susaeta (Boveda '85), Benat Extebarria, Oscar De Marcos, Javier Eraso (Carlos Gurpegui 77), Aritz Aduriz, Sabin Merino (Lekue 66)

Barcelona:


Marc Ter Stegen, Thomas Vermaelen, Dani Alves, Adriano Correia, Marc Bartra, Javier Mascherano, Sergio Roberto (Ivan Raktic), Rafinha (Andrés Iniesta '52), Lionel Messi, Luis Suarez, Pedro Rodriguez (Sandro Ramirez '71)

0 komentar:

Post a Comment

Liga

ISL ( LIGA )

Jadwal

Cari Disini